Puisi

Aku Seorang Anarkis

Aku membaca buah pikir Berkman hingga Malatesta
Mengacungkan ibu jari untuk Zapatista dan juga Ya! Basta
Takjub melihat gelombang protes Haymarket dan Seattle di Amerika
Aku menyukai anarkisme

Satu ketika sahabat bertanya:
“Kenapa kau tidak gerak turun aksi menentang negara ?”
Aku menjawab:
“Karena belum ada perintah.”
Ia membalas:
“Kita seorang anarkis. Tidak ada pemimpin antara kita. Tak ada yang berhak memerintah dan diperintah”
Aku menjawab dengan menganggukan kepala

Aku seorang anarkis
Yang menegasikan pemimpin dalam wujud manusia
Dalam tubuh ini bersemayam susunan hirarkis
Yang mana hati ku sebagai pemimpin atas tubuh ku
Organ tubuh ku hingga pikiran ku sebagai bawahannya
Tubuhku secara menyeluruh adalah representasi dari budak

Bahkan dalam hati ku terdapat susunan hirarkis
Hati ku memiliki pemimpin bernama mahahati
Yang tak bisa dijelaskan logika kecuali dengan rasa

Sekali lagi aku katakan,
Aku memang seorang anarkis.

Depok, 08 November 2016
(Ditulis ketika selesai cuci piring dan sembari menikmati kretek)

Leave a Reply

