Pigura

Ijab Qabul Itu Biasa Saja

akad-azer-4
Foto: Alfian Putra Abdi

Ijab qabul dalam proses akad nikah, berarti kerelaan seorang ayah untuk melepas anak gadisnya dipersunting calon mempelai pria. Sementara bagi sang pria, adalah tekad kuat untuk berkomitmen menjaga anak gadis dari sang Ayah tersebut.

Bagi saya, ijab qabul berarti janji antara dua orang pria. Lebih dari itu, semuanya perihal melepas dan menerima.

Proses ijab qabul, menjadi hal penting dalam pernikahan. Tidak bisa main-main. Jika bisa disebut sakral.

Belakangan ini saya cukup beruntung mendapat kesempatan untuk menyaksikan langsung juga mendokumentasikan proses ijab qabul. Memperhatikan tingkah para calon mempelai pria di hadapan penghulu serta wali nikah.

Ketika melihatnya, saya pikir, apa susahnya membaca sejumput kalimat tidak panjang di hadapan dua orang. Toh, sebelum momentum itu tiba, kita pun pernah menghadapi lawan bicara lebih banyak dan mungkin, lebih beringas di lingkaran diskusi, panggung musik, rapat keluarga, presentasi tugas sekolah, ataupun dalam kesempatan lainnya.

Melihat mereka (calon mempelai pria) berjabat tangan, berpeluh keringat, gemetar ketika hendak mengucap sedikit kalimat, bahkan tak jarang ada yang gugup dan harus mengulang berkali-kali. Nyatanya itu yang mereka rasakan, hal yang tidak bisa dijelaskan bagi mereka yang belum berada di posisi itu, seperti saya misalnya.

Ya…

Ijab qabul itu memang biasa dan mungkin terbilang mudah saja, untuk mereka yang belum melakukannya.

Berikut ini saya merangkum ekspresi dari tiga calon mempelai pria yang hendak, saat, dan telah melangsungkan ijab qabul. Ketiganya adalah teman-teman yang saya kenal baik.[]

Depok, 18 Mei 2017

(Pigura adalah sub-category baru dari blog saya yang berisi beberapa foto hasil jepretan pribadi. Yang mana saya sajikan dalam format tematik.)

Leave a Reply

