Intisari

Kegagalan Kita Mencintai Sesama

man_burnt_760x400

Belakangan ini umat Islam di Indonesia ramai membicarakan toleransi. Ada pihak yang mencoba menegakannya, menebar benih cinta itu tidak mesti pandang bulu. Ada pula pihak yang tidak sependapat dengan itu. Sebab toleransi atau menjadi moderat adalah sikap yang abu-abu.

Dikotomi itu menjadi menjenuhkan, luluh lantah oleh kabar dibakarnya seorang pria setelah selesai menunaikan sholat ashar di masjid, lantaran dituduh mencuri ampli yang terjadi di Bekasi pada beberapa hari kemarin.

Perbuatan semaunya para pembakar pria itu bukan hanya keji. Melainkan menandakan betapa gagalnya Islam menjadi Islam itu sendiri. Kegagalan bukan bagi mereka saja, melainkan kita semua. Terlebih yang belakangan ini senang beradu pikiran di sosial media melalui platformnya masing-masing. Adu pintar dalil dan sebagainya.

Bahwasanya ternyata kita semua telah gagal mencintai sesama. Meskipun syahadat kita sama. Meskipun sujud kita untuk Allah SWT dan junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Kita gagal menebar benih dan menuai cinta bagi kita sendiri. Meski setiap kali kita selalu bicara soal cinta.

Cinta yang mana dan seperti apa ?

Meninggalnya pria yang terbakar itu, semestinya benar-benar bisa kita ratapi sebagai kegagalan ini. Betapa perdebatan tentang yang cingkrang dan berjenggot dengan yang bersarung dan menghisap kretek (misalnya), itu perbuatan menyia-nyiakan waktu. Yang terus dilakukan seakan-akan syahadat kita berbeda. Dagelan yang terus kita lakoni meski sebenarnya kita sadar sudah tak lucu lagi.

Islam yang rahmatan lil’ alamin sungguh menjadi pekerjaan rumah yang besar untuk kita semua. Yang ternyata sampai detik ini saja masih gagal mencintai sesama; saudara seiman yang bersyahadat sama.

Lalu mau kapan kita belajar untuk mencintai yang berbeda ? Untuk mencintai semesta ?[]

Depok, 04 Agustus 2017

p.s. Semoga Alm. Bpk. MA (30) berhasil mencapai jalan menuju rumah sebenarnya, bertemu dengan nama yang selalu engkau sebut dalam nafas. Al-Fatihah.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s